Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Persamaan Lingkaran

Matematika sebagai ilmu dasar memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan sains dan teknologi, karena matematika merupakan sarana berpikir untuk menumbuhkembangkan cara berpikir logis, sistematis dan kritis. Peranan matematika ini tidak hanya terasa dalam bidang matematika tetapi aplikasinya juga banyak memberi sumbangan pada bidang lain, sehingga tidaklah berlebihan jika dikatakan matematika sebagai “ratu” ilmu pengetahuankarena itulah matematika dipelajari pada setiap jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah sebagai berikut:

1. Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsistensi

2. Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba

3. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah

4. Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan

Dengan demikian, melalui pembelajaran matematika, diharapkan siswa memiliki kemampuan memperoleh, memilih, dan mengolah informasi serta dapat berpikir kritis, sistematis, logis, dan kreatif dalam memecahkan masalah matematika.

Dalam mencapai kemampuan yang harus dimiliki siswa, ada beberapa pendekatan atau metode yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran matematika, antara lain metode penemuan, metode ekspositori, pendekatan konstrukstivisme, pembelajaran berdasarkan masalah, pemecahan masalah, dan lain-lain.

Sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi siswa, pendekatan kontruktivisme menekankan terbangunnya pemahaman sendiri secara aktif, kreatif, dan produktif berdasarkan pengetahuan dan pengetahuan terdahulu dan dari pengalaman belajar yang bermakna (Muslich, 2007:44). (Novak dan Gowin, 1985) dalam Sa’dijah (2006) menjelaskan bahwa salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi belajar anak adalah apa yang telah diketahui dan dialaminya. Hal ini sesuai dengan pandangan konstruktivisme bahwa guru perlu memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya secara aktif dengan memperhatikan pengetahuan awal siswa.

1. TEORI BELAJAR-MENGAJAR MATEMATIKA YANG RELEVAN

Teori belajar mengajar yang relevan dalam pendekatan konstruktivisme ini adalah:

a. Teori Belajar Piaget

Piaget adalah psikolog pertama yang menggunakan filsafat konstruktivisme dalam proses belajar. Menurut Piaget belajar adalah merupakan proses perubahan konsep. Dalam proses tersebut, si pelajar setiap kali membangun konsep baru melalui asimilasi dan akomodasi skema mereka (Suparno, 1997:35). Piaget menekankan aktivitas individual dalam pembentukan pengetahuan. Bagi Piaget, pengetahuan lebih dibentuk oleh si anak itu sendiri yang sedang belajar.

b. Teori Belajar Vygotsky

Menurut Vygotsky belajar merupakan suatu perkembangan pengertian, yaitu pengertian spontan dan pengertian alamiah. Pengertian spontan adalah pengertian yang didapakan dari pengalaman anak sehari-hari yang tidak terdefenisikan dan terangkai secara sistematis logis. Sedangkan pengertian alamiah adalah pengertian yang didapat dari kelas. Vygotsky lebih memfokuskan perhatian kepada hubungan dialektik antara individu dan masyarakat dalam pembentukan pengetahuan.

c. Teori Belajar Bermakna Ausubel

Teori belajar bermakna Ausubel ini menekankan pentingnya pelajar mengasosiasikan pengalaman, fenomen, dan fakta-fakta baru ke dalam sistem pengertian yang telah dipunyai. Juga menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru ke dalam konsep atau pengertian yang telah dipunyai siswa. Dalam proses belajar siswa aktif. (Suparno, 1997:54)

4. CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : XI IPA/Genap

Standar Kompetensi : Menyusun persamaan lingkaran dan garis

singgungnya.

Kompetensi Dasar : Menyusun persamaan lingkaran yang

memenuhi persyaratan yang ditentukan

Indikator : Menggunakan rumus persamaan lingkaran

berpusat di (0,0)

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( pertemuan 1)

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menemukan rumus persamaan lingkaran yang berpusat di (0,0)

B. Materi Pembelajaran

Persamaan lingkaran

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan konstruktivisme

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan awal (10 menit)

1. Guru menginformasikan KD, indikator dan deskripsi

pendekatan belajar yang akan diterapkan

2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, 1

kelompok terdiri dari 4 siswa

3. Guru membagikan LKS

Kegiatan Inti (65 menit)

1. Siswa mengerjakan kegiatan 1 pada LKS secara berkelompok untuk menemukan rumus persamaan lingkaran di pusat (0,0). Guru sebagai fasilitator dan motivator. (30 menit)

2. Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain menanggapi. (25 menit)

3. Guru memberikan pengarahan atau tanggapan mengenai hasil kegiatan 1 yang telah dilaksanakan siswa. (10 menit)

Kegiatan Penutup (15 menit)

1. Siswa diajak untuk menyimpulkan kegiatan belajar hari ini.

2. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.

3. Guru memberikan tugas

E. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Mistar, Jangka, Buku Paket Matematika kelas XI IPA

F. Penilaian

Teknik Penilaian:

Nontes berupa lembaran observasi perilaku siswa selama proses

pembelajaran (terlampir)

Bentuk instrumen:

Tugas Individu

Contoh instrumen: (terlampir)

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,

(……………….) (………………….)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : XI IPA/Genap

Standar Kompetensi : Menyusun persamaan lingkaran dan garis

singgungnya.

Kompetensi Dasar : Menyusun persamaan lingkaran yang

memenuhi persyaratan yang ditentukan

Indikator : Menggunakan rumus persamaan lingkaran

berpusat di (a,b)

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( pertemuan 2)

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menemukan rumus persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)

B. Materi Pembelajaran

Persamaan lingkaran

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan konstruktivisme

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan awal (15 menit)

1. Siswa mengumpulkan tugas, beberapa soal yang dirasakan sulit dibahas bersama.

2. Guru menginformasikan KD, indikator dan deskripsi

pendekatan belajar yang akan diterapkan

3. Guru membagikan LKS

Kegiatan Inti (65 menit)

1. Siswa mengerjakan kegiatan 2 pada LKS secara individu untuk menemukan rumus persamaan lingkaran di pusat (a,b). Guru sebagai fasilitator dan motivator. (20 menit)

2. Beberapa menjelaskan hasil kegiatan 2 di depan kelas (bila terdapat jawaban yang berbeda). Siswa lain menanggapi. (10 menit)

3. Guru memberikan pengarahan atau tanggapan mengenai hasil kegiatan 2 yang telah dilaksanakan siswa. (10 menit)

4. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa. Siswa mengerjakan secara individu. (25 menit)

Kegiatan Penutup (10 menit)

1. Siswa diajak untuk menyimpulkan kegiatan belajar hari ini.

2. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.

E. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Mistar, Jangka, Buku Paket Matematika kelas XI IPA

F. Penilaian

Teknik Penilaian:

Nontes berupa lembaran observasi perilaku siswa selama proses

pembelajaran (terlampir)

Bentuk instrumen:

Tugas Individu

Contoh instrumen: (terlampir)

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,

(……………….) (………………….)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: